JAPAN CULTURAL WEEKS 2021
ONLINE EDITION

Japan Cultural Weeks (JCW) hadir kembali!

JCW


Japan Cultural Weeks (JCW) adalah program rutin tahunan yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation, Jakarta berupa rangkaian pengenalan budaya Jepang dalam beberapa minggu. Setiap tahun, kami menyuguhkan beragam kegiatan pengenalan budaya Jepang yang berbeda-beda. Pada tahun ini, terdapat empat belas kegiatan yang diadakan mulai tanggal 14 - 27 Februari 2021 yang untuk pertama kalinya diadakan secara daring dan gratis di media sosial JF Jakarta. Melalui JCW, masyarakat Indonesia dapat belajar dan mengenal Jepang mulai dari bahasa, budaya tradisional dan kontemporer, hingga kehidupan sosial di Jepang. Rekaman kegiatan dapat disaksikan berikut ini.

Yonkoma Manga Challenge


JCWYonkoma manga (4コマ漫画) adalah sebuah format komik strip ala Jepang yang secara umum terdiri dari gambar dalam empat panel berukuran sama dari atas ke bawah dengan struktur yang disebut kishotenketsu. Panel pertama berisi latar cerita, panel kedua mengembangkan dasar cerita tersebut, panel ketiga berisi klimaks atau masalah dari kedua panel sebelumnya, sedangkan panel keempat berisi solusi atau kesimpulan. Seperti halnya budaya komik di negara lain, yonkoma manga dapat ditemui di surat kabar, majalah, atau pada akhir sebuah buku sebagai pelengkap atau komedi. Bekerjasama dengan penerbit Elex Media Komputindo – penerbit buku Seikatsu Kaizen karya Susy Ong yang membahas reformasi pola hidup keseharian masyarakat Jepang selama satu abad - Kegiatan ini menantang sahabat JF dalam menggambar Yonkoma manga dengan tema “Budaya dan Kehidupan Sehari-hari di Jepang.”

Karya yang terpilih kami publikasikan dalam bentuk digital maupun cetak secara terbatas sehingga dapat dinikmati oleh Sahabat JF lainnya.

Karya-karya terpilih dapat dibaca di sini

japanscope #22

Rangkaian kegiatan kedua dalam JCW adalah Japanscope no.22 yang bertema How Pop Culture Shapes Public Opinion and Politics? Tema ini membahas budaya populer yang dapat menjadi media untuk menyuarakan isu-isu sosial dan politik yang dapat berpengaruh dalam opini publik. Japanscope merupakan seri diskusi interaktif dan informatif sebagai media pembelajaran tentang Jepang dengan ahli studi dengan metode yang berbeda dengan kelas pada umumnya.

Pembicara:
Daniel Hermawan
Bonni Rambatan

Navigator:
Raphaella D. Dwianto, MA., Ph.D.

Kegiatan Japanscope Talkseries no.22 dapat disaksikan di sini

Sado: The Way of Tea Pengenalan Upacara Minum Teh khas Jepang

(c) The Japan Foundation, Jakarta - Pengenalan Upacara Minum Teh khas Jepang


Upacara Minum Teh atau biasa disebut Sadou merupakan kebudayaan tradisional Jepang dalam menyajikan teh kepada tamu dan mengajarkan ketenangan jiwa yang ditampilkan dalam gerakan elegan saat menyeduh teh. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama dengan Asosiasi Chado Urasenke Tankokai Indonesia.

Kegiatan dapat disaksikan di sini

Temu Komunitas

Ini adalah program pengenalan komunitas yang aktif mendukung berkembangnya budaya Jepang di Indonesia. Kegiatan ini dilakukan dengan bincang-bincang secara virtual melalui Instagram Live dan terbagi menjadi 2 seri, yang pertama adalah Temu Komunitas bersama Teater Enjuku, sebuah komunitas teater musikal berbahasa Jepang yang berasal dari kalangan mahasiswa di Jakarta dan sekitarnya. Kedua adalah bersama Jakarta Osoji Club (JOC), yaitu sebuah komunitas nirlaba yang berfokus pada permasalahan sampah dan lingkungan yang ada di kota Jakarta.

Saksikan Temu Komunitas bersama Teater Enjuku di sini

Saksikan Temu Komunitas bersama Jakarta Osoji Club (JOC) di sini

Introduction to Study in Japan bersama JASSO

Semakin banyaknya penggemar budaya Jepang di Indonesia, tentunya semakin banyak yang mempunyai mimpi ingin meneruskan pendidikannya ke Jepang. JCW 2021 menghadirkan JASSO ( Japan Students Services Organizations ) untuk membahas informasi lengkap dan komprehensif mengenai studi ke Jepang dalam kegiatan Introduction to Study in Japan.

Saksikan Introduction to Study in Japan bersama JASSO di sini

Lomba Presentasi Bahasa Jepang Tingkat Nasional ke-1 (untuk Siswa Pendidikan Menengah)

The Japan Foundation, Jakarta sejak tahun 2001 telah menyelenggarakan lomba pidato yang ditujukan bagi siswa SMA/SMK/MA di Indonesia yang memelajari bahasa Jepang. Bekerjasama dengan Pusat Prestasi Nasional dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, The Japan Foundation, Jakarta kali ini menyelenggarakan Lomba Presentasi Bahasa Jepang Tingkat Nasional ke-1 secara daring. Acara ini juga didukung oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan disponsori oleh Pan Pacific International Holding, Panasonic Manufacturing Indonesia, MSIG, PT Hoyu Indonesia, Temple University Japan Campus, dan Kesaint Blanc Publishing.

Kegiatan Lomba Presentasi Bahasa Jepang Tingkat Nasional ke-1 dapat disaksikan di sini

Cerita Cipta Animasi Pendek bersama Ryotaro Miyajima JCW 2021 x DigiCon6 Asia

Sebagai co-organizer kompetisi film pendek DigiCon6 Asia di Indonesia selama tiga tahun terakhir, the Japan Foundation, Jakarta telah mendukung konektivitas para sineas muda Indonesia untuk mendapat perhatian dari industri kreatif internasional. Bekerja sama dengan DigiCon6 Asia, kami menghadirkan salah satu rangkaian acara kegiatan JCW 2021 berjudul Cerita Cipta Animasi Pendek bersama Ryotaro Miyajima, seorang animator Jepang yang sedang naik daun. Narasumber akan membicarakan tentang bagaimana beliau membuat animasi dan menunjukkan karya terbarunya CASTLE yang telah memenangkan 13 penghargaan di Jepang maupun internasional.

Kegiatan Cerita Cipta Animasi Pendek bersama Ryotaro Miyajima [JCW 2021 X DigiCon6 Asia] dapat disaksikan di sini

Workshop Shiori Ningyo

Shiori Ningyo adalah pembatas buku pipih bergaya boneka Jepang yang terbuat dari kertas washi, yaitu kertas yang dibuat dari serat lokal dengan cara tradisional. JCW 2021 mengajak Sahabat JF untuk belajar membuat pembatas buku bergaya Jepang dalam acara Workshop Shiori Ningyo.

Kegiatan Workshop Shiori Ningyo dapat disaksikan di sini

Ikebana dari Mata Ikenobo dan Ohara

(c) The Japan Foundation, Jakarta - Ikebana - Seni Merangkai Bunga gaya Jepang


Ikebana adalah seni merangkai bunga gaya Jepang yang sudah hadir sejak ratusan tahun lalu. Saat ini, beragam aliran dan gaya ikebana muncul. Di Indonesia sendiri, komunitas Ikebana International Chapter 224 Jakarta membawahi tujuh aliran yang berkembang di Indonesia. JCW 2021 memperkenalkan aliran Ohara dan Ikenobo kepada masyarakat Indonesia melalui kegiatan bernama Ikebana dari Mata Ohara dan Ikenobo.

Pemateri: Ikebana International Chapter 224 Jakarta
Wiwiek Tony Surono (Aliran Ohara)
Tati Tusin (Aliran Ikenobo)

Kegiatan Ikebana dari Mata Ohara dan Ikenobo dapat disaksikan di sini

Pembukaan Pameran Asia Students Package Design Competition (ASPaC)

ASPaC (Asia Students Package Design Competition) adalah sebuah kompetisi dalam bidang desain kemasan yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation, ASPaC Association dan Japan Package Design Association (JPDA) dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan para siswa di seluruh Asia agar memiliki keahlian di bidang konstruksi dan desain kemasan. Karya-karya terpilih pada kompetisi ASPaC Indonesia tahun ini juga dipamerkan secara daring.

Kegiatan Pembukaan Pameran Asia Students Package Design Competition [ASPaC] dapat disaksikan di sini

Minato Quiz!

Minato adalah platform belajar bahasa Jepang mandiri yang dikelola oleh The Japan Foundation. Pada kegiatan ini, kami mengajak para pembelajar bahasa Jepang untuk menguji kemampuan bahasa Jepang setingkat A1/A2 dan B1 melalui kuis yang menarik dan interaktif.

Kunjungi www.minato-jf.jp untuk mengikuti kursus mandiri secara gratis.

Japanese Business Culture Talk Series - Episode 4

Indonesia dan Jepang memiliki ciri khas budaya masing-masing sehingga ketika orang-orang yang bekerja dalam satu perusahaan memiliki bahasa dan budaya yang berbeda, cenderung akan terjadi konflik. The Japan Foundation, Jakarta berinisiatif mengembangkan proyek baru untuk memperdalam pemahaman profesional muda Indonesia tentang budaya bisnis Jepang dengan mengadakan talk series bernama Japanese Business Culture (JBC), proyek ini memfasilitasi forum bagi para pakar budaya bisnis Jepang untuk dapat berbagi pengalaman dan pengetahuannya dengan audiens yang lebih luas, khususnya pemuda Indonesia yang tertarik untuk bekerja di perusahaan Jepang, baik di Indonesia maupun di Jepang.

Pembicara:
Dr. Elisa Carolina Marion, S.S., M.Si - Senior lecturer & researcher in Japanese Corporate Culture, Japanese Department, BINUS University.

Moderator:
Purwoko Adhi Nugroho - Program Officer at The Japan Foundation, Jakarta

Kegiatan Japanese Business Culture Talk Series #4 dapat disaksikan di sini

Rakugo: Seni Bercerita Tradisional Jepang

Rakugo adalah seni bercerita tradisional Jepang yang mengisahkan cerita humor yang dibangun dari dialog dengan klimaks cerita yang tidak terduga. Cerita dikisahkan sedemikian rupa sehingga di akhir cerita ada klimaks berupa punchline (disebut ochi atau sage) yang membuat penonton tertawa.

Kegiatan Rakugo: Seni Bercerita Tradisional Jepang dapat disaksikan secara terbatas hingga tanggal 25 April 2021 di sini





Kami berharap beragam kegiatan budaya Jepang yang kami sajikan dalam JCW 2021 dapat dinikmati dan bermanfaat bagi para Sahabat JF di seluruh Indonesia.


The Japan Foundation, Jakarta
Instagram : @jf_jakarta
Twitter : @jf_jakarta
Facebook : The Japan Foundation, Jakarta
Youtube : The Japan Foundation, Jakarta
Website : www.jpf.or.id